Pakaian Panghulu


Pakaian merupakan salah satu cerminan budaya suatu suku ataupun bangsa.

Pakaian adat Sumatera Barat untuk para pria bernama pakaian penghulu. Sesuai namanya, pakaian ini hanya digunakan oleh tetua adat atau orang tertentu, dimana dalam cara pemakaiannya pun di atur sedemikian rupa oleh hukum adat. Pakaian ini terdiri atas beberapa kelengkapan yang di antaranya Deta, baju hitam, sarawa, sesamping, cawek, sandang, keris, dan tungkek.

Pakaian lengkap kebesaran pangulu ada delapan macam. Setiap pakaian mengandung makna tersendiri yang mendalam. Pakaian tersebut yaitu,

1. Deta

Deta : terdiri dari deta saluak dan deta bakaruik (berkerut)
Deta atau destar adalah sebuah penutup kepala yang terbuat dari kain hitam biasa yang dililitkan sedemikian rupa sehingga memiliki banyak kerutan. Kerutan pada deta melambangkan bahwa sebagai seorang tetua, saat akan memutuskan sesuatu hendaknya terlebih dahulu ia dapat mengerutkan dahinya untuk mempertimbangkan segala baik dan buruk setiap keputusannya itu. Adapun berdasarkan pemakainya, deta sendiri dibedakan menjadi deta raja untuk para raja, deta gadang dan deta saluak batimbo untuk penghulu, deta ameh, dan deta cilieng manurun.
Deta ini melambangkan akal yang berlipat-lipat dan mampu menyimpan rahasia. Deta dipasang lurus melambangkan keadilan dan kebenaran. Kedudukannya yang longgar melambangkan pikirannya yang lapang dan tidak mudah tergoyahkan. Sesuai dengan ungkapan berikut ini:

Badeta panjang bakaruik,
Bayangan isi dalam kulik
Panjang tak dapek di ukua
Eba tak dapek di bilai
Salilik lingkaran kuniang
Ikek santuangan di kapalo
Tiok katuak ba undang – undang
Tiok liku aka manjala
Dalam karuik budi marangkak
Tambuak dek paham tiok lipek
Lebanyo pandidiang kampuang
Panjangnyo pandukuang anak –kemenakan
Hamparan di rumah gadang
Paraok gonjong nan ampek
Di halaman manjadi payuang panji
Hari paneh tampek balinduang
Kalau hujan tampek bataduah
Dek nan salingkuang cupak adat
Nan sapayuang sapatagak

2. Baju
Baju penghulu umumnya berwarna hitam. Baju ini dibuat dari kain beludru. Warna hitamnya melambangkan tentang arti kepemimpinan. Segala puji dan umpat haru dapat diredam seperti halnya warna hitam yang tak akan berubah meski warna lain menodainya.
Baju tanpa saku berlengan lapang sedikit di bawah siku melambangkan bahwa pangulu tidak mengambil keuntungan untuk dirinya. Lengan longgar dan sedikit di bawah siku melambangkan sifatnya yang ringan tangan membantu orang lain dalam kesukaran.

Hal tersebut sesuai dengan ungkapan berikut ini :

Baju hitam gadang langan
Langan tasenseng tak pambangih
Bukan karano dek pamberang
Pangipeh naknyo dingin
Pahampeh miang di kampuang
Pangikih sifat nan buruak
Siba batanti timba bliak
Mangilek mangalimantang
Tutuik jahik pangka langan
Mambayangkan mauleh indak mambuku
Mambuhua indak mangasan
Lauik di tampuah indak barombak
Padang di tampuah indak barangin
Budi haluih bak lauik dalam
Sifat bapantang kahujuakan
Indak basaku kiri
 alamatnyo nan bak kian
indak mangguntiang dalam lipatan
indak manuhuak kawan sairiang
indak maambiak untuang di ateh sangketo
lihia nan lapeh tak bakatuak,
babalah dado
manandokan pangulu alamnyo leba
mamakai sifat lapang hati
babumi laweh
bapadang lapang
gunuang tak runtuah karano kabuik
lauik tak karuah karano ikan
tagangnyo bajelo – jelo
kanduangnyo badantiang – dantiang

3.  Sarawa
Sarawa adalah celana penghulu yang juga berwarna hitam. Celana ini memiliki ukuran yang besar pada bagian betis dan paha. Ukuran tersebut melambangkan bahwa seorang pemimpin adat harus berjiwa besar dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan.

Celana longgar serta lapang melambangkan kemampuan membuat langkah kebjiaksanaan dengan gerak yang ringan, santai, tidak menyulitkan. Ia melangkah berdasarkan “alua jo patuik, patuik jo mungkin” tanpa ada yang menghalangi. Celana : linggar serta lapang .
Sesuai dengan ungkapan berikut ini :

basarawa lapang gadang kaki
kapanuruik alua nan luruih
kapanampuah jalan nan pasa
ka dalam korong dengan kampuang
sarato koto jo nagarinyo
langkah salasai baukuran
martabat nan anam mambatasi
murah jo maha di tampeknyo
baiyo mako bakato
batolan mako bajalan
  
4.  Sasampiang

Sasampiang adalah selendang merah berhias benang makau warna warni yang dikenakan di bahu pemakainya. Warna merah selendang melambangkan keberanian, sementara hiasan benang makau melambangkan ilmu dan kearifan.
sisampiang atau kain sampiang (saruang) adalah kain yang di lilitkan dari pinggang ke bagian atas lutut melambangkan kehati-hatian dan kewaspadaan menjaga diri dari kesalahan atau kekhilafan.Sisamping : kain sampiang, saruang.

5.  Cawek

Cawek atau ikat pinggang berbahan kain sutra yang dikenakan untuk menguatkan ikan celana sarawa yang longgar. Kain sutra pada cawek melambangkan bahwa seorang penghulu harus cakap dan lembut dalam memimpin serta sanggup mengikat jalinan persaudaraan antar masyarakat yang dipimpinnya.
Cawek atau ikat pinggang melambangkan kekukuhan ikatan atau pegangan dalam menyatukan anak kemenakan, warga pasukuan, baik yang jauh maupun yang dekat.
Sesuai dengan ungkapan berikut ini:

Cawek suto bajumbai alai
Saheto pucuak rabuangnyo
Saheto pulo jumbai alainyo
Jumbai nan tangah tigo tampek
Kapiliak anak kamanakan
Kalau tapancia di kampuangkan
Kalau tacicia inyo japuik
Ka panjarek aka budinyo
Kabek sabalik buhua sintak
Kokoh tak dapek kito ungkai
Guyahnyo bapantangan tangga
Lungga bak caro dukuah di lihia
Babukak makonyo tangga
Jorundiang mako nyo ta ungkai
Kato mufakat paungkainyo.

6.  Sandang ( Salempang)

Sandang adalah kain merah yang diikatkan dipinggang sebagai pelengkap pakaian adat Sumatera Barat. Kain merah ini berbentuk segi empat, melambangkan bahwa seorang penghulu harus tunduk pada hukum adat.
Salempang, kain sandang atau kain salendang yang digantungkan di bahu melambangkan kemampuan memikul tanggung jawab yang di pikulkan kepadanya. Salempang : kain sandang, kain salendang .

Ia memikul tanggung jawab memimpin anak kemenakannya. Tanggung jawab itu baik buruk maupun dalam ke adaan sulit tidak pernah di elakkannya. Jadi sebagai pemimpin ia bertanggung jawab lahir dan batin terhadap yang dipimpinnya.

7.  Keris dan Tongkat

Keris diselipkan di pinggang, sementara tungkek atau tongkat digunakan untuk petunjuk jalan. Kedua kelengkapan ini adalah simbol bahwa kepemimpinan merupakan amanah dan tanggung jawab besar.

Karih atau keris yang disisipkan di pinggang. Hulunya tidak berambalau, tidak terpatri, tangkainya di arahkan ke sebelah kiri melambangkan pangulu memiliki senjata tetapi tidak untuk membunuh. Pangulu memiliki kekuasaan tetapi bukan untuk menjajah, bukan untuk menyengsarakan orang lain, melainkan untuk melindungi yang dipimpinnya.

8.  Tungkek atau tongkat

Adalah dari kayu yang kuat dan lurus. Tongkat : kayu lurus dan kuat, berkepala perak. Melambangkan bahwasanya pangulu mampu menopang dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal itu juga menunjukan bahwa pangulu akan menopang adat, pusako dan anak kemenakannya.

Sumber :
- Pasbana.com

0 comments:

Post a Comment