Janjang 40 Bukittinggi

Pesona Janjang 40 Kota Bukittinggi

Bukittinggi terkenal sebagai Kota Wisata di Sumatera Barat dengan beberapa objek wisatanya yang terkenal, seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Lubang Japang. salah satu objek lain yang tak kalah terkenal adalah Janjang 40.

Janjang 40 bukittinggi dibangun tahun 1908 yang pada awalnya merupakan sebagai penghubung antara Pasar Atas dengan Pasar Bawah.
Sebagai salah satu objek wisata di Sumatera Barat, janjang 40 bukittinggi ini telah memberikan inspirasi kepada pencipta lagu Minang Syahrul Tarun Yusuf untuk menuangkan dalam lagu dengan judul "Andam oi.

Janjang atau jenjang alias tangga yang jumlahnya 40 ini terletak di bagian belakang Pasar Atas Bukittinggi, itu kalau kita melihatnya dari Jam Gadang yang terkenal itu. Tapi bagi mereka yang datang dari arah Pasar Banto atau jalan Soekarno Hatta yang menghubungkan kota Bukittinggi dengan Payakumbuh. Maka Janjang 40 ini adalah pintu gerbang menuju Pasar Atas Bukittinggi.

Sebenarnya jumlah anak tangga Janjang 40 ini lebih dari 40 buah, tepatnya 100 buah anak tangga. Itu kalau dihitung dari anak tangga paling bawah yang berawal dari trotoar jalan Pemuda.
Janjang ini dinamai dengan Janjang 40 merujuk pada jumlah anak tangga yang terdapat pada bagian paling curam di bagian paling atas dari Janjang 40 ini.

Lagu andam oi
"Andam oi andam..
Andam oi andam..
Andam oi andam oi andam oi..

Bukittinggi koto rang agam yo andam oi
Mandaki janjang ampek puluah
Babelok jalan ka malalak
Babelok jalan ka malalak

Sakik sagadang kijok ayam yo andam oi
Sakik baraso ka mambunuah
Di ubek indak namuah cegak
Di ubek indak namuah cegak

Bukan denai takuik mandi yo andam oi
Denai nan takuik basah-basah
Mandi ka lubuak pariaman
Mandi ka lubuak pariaman

Bukan denai takuik mati yo andam oi
Denai nan takuik patah-patah
Badan nan sadang batunangan
Badan nan sadang batunangan

Andam oi andam oi andam oi..
Andam oi andam oi andam oi.."
*dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment